Rabu, 10 Februari 2016

Mesin Penggerak Utama ATT IV

'1. Sebuah ketel uap sebelum dioperasikan, setelah diover haul dilakukan pengujian uap dan pengujian tekan.
Diminta.
a. Jelaskan maksud dan tujuan dari pengujian tersebut
b. Uraikan prosedur pengujian uap dan pengujian tekan tersebut

Jawaban
a. Maksud pengujian tekan, memeriksa dan meyakinkan konstruksi ketel dan sambungan-sambungannya apakah memenuhi syarat. Sedangkan pengujian uap, meyakinkan katup keselamatan bekerja dengan baik.
b. Cara pengujian tekan : ketel ditekan ( dipress ) dengan zat cair yang tidak berbahaya ditekan yang ditentukan oleh pejabat. Sedangkan pengujian uap : ketel uap yang bekerja sewaktu katup-katup uap ditutup kecuali untuk pompa air pengisi ketel.

2. Sebutkan kapal digerakkan dengan motor diesel 2 Tak kerja tunggal 9 silinder, menghasilkan daya 6624 IKW, diameter silinder 680 mm, langkah torak 1350mm. Pemakaian bahan bakar spesifik indicator 204 gram/IKW jam. Putaran poros engkol 2 RPS, persediaan bahan bakar dalam tangki 420 ton dan 5% isi tangki tidak dapat dihisap.

Pertanyaan.
a. Berapa jam kapal dapat berlayar dengan persediaan bahan bakar yang dapat digunakan
b. Berapa Tekanan rata-rata indikator
c. Berapa kecepatan rata-rata torak
d. Berapa konstante silinder dan konstante motor

Jawaban.
B yang tidak dapat dipakai = 5%.420 ton = 21 ton
a. Jadi lamanya pelayaran = 420 ton.jam/21 ton = 20 jam

b. Pi = 0,785.D2.L.S.N.pi.Z.100
6624 = 0,785 x 0,68“ x 1,35 x 2 x pi x 9 x 100
pi = 6624/0,785 x 0,68“ x 1,35 x 2 x 9 x 100
    = 7,5 bar

c. Cm = 2.≠.L.n
           = 2 x 3,14 x 1,35 x 2 = 16,95 m/s

d. Konstan silinder = 0,785.D2.S
                                  = 0,785 x 0,68“ x 1,35 = 0,49
Konstanta motor = K.Sil.Z
                               = 0,49 x 9 = 4,41

3. a.  Sebutkan alat-alat apendasi ketel dan fungsinya masing-masing
    b. Sebutkan dan jelaskan proses perpindahan panas pada sebuah ketel uap

Jawaban.
a. Alat-alat apendasi ketel dan fungsinya :

o Gelas penduga : untuk melihat tinggi permukaan air didalam drum uap.
o Manometer utama :  untuk melihat tekanan uap didalam ketel dan mengontrol berapa tekanan uap yang keluar dari katup induk
o Katup keamanan : apabila terjadi tekanan uap melebihi tekanan maksimum yang diizinkan,maka katup akan terbuka sendiri
o Thermometer : untuk melihat suhu gas buang sebelum dan sesudah Economiser.
o Katup balik air pengisian :  agar air yang sudah masuk tidak kembali kearah pompa air pengisian
o Low water level alarm : signal pemberitahuan bahwa permukaan air ketel rendah.

b. ~ Konveksi
     ~ Konduksi
     ~ Radiasi

4. Sebuah turbin Curtis 3 tingkat kecepatan kerja maximum, panas terbuang (HU) meninggalkan turbin dalam keadaan maximum 148 kj/kg. Cosinus ausut uapnya 0,96.

Diminta :
a. Rendemen sudu maximum.
b. Gambar segitiga kecepatan dengan skala yang benar
c. Besarnya jatuh kalor theoritis
d. Bila diameter roda jalan 690mm, hitunglah putaran turbin keadaan maximum

Jawaban.
a. Sebuah Turbin Curtis
Rendemenmax = Coså x 100%
                            = 0,96 x 100% = 92,16%

c. Qhilang = ( 100% - RendemenMax)  x Ho
           148 = ( 100% - 92,16% ) x Ho
           148 = 7,84% . Ho
            Jadi, Ho = 148/0,0784 = 1887,7 kj/kg

b. U = 1/2.m.c x 44,7/Ho x Coså
        = 1/2.3 x 44,7/1887,7 x  0,96
        = 1/6 x 44,7 x 43,44 x 0,96
        = 310,73 m/s
C1 = 44,7/Ho = 44,7/1887,7 = 44,7 x 43,44 = 1941,76 m/s

Skala gambar 100m/s = 1cm
C1 = 1941,76/100 x 1cm = 19,4178 cm
U = 310,73/100 x 1 cm = 3,1073

d. Putaran Turbin U/¶xD = 310,73/3,14x0,69
                                            = 143,8 RPS

2 komentar: