Selasa, 09 Februari 2016

Mesin Penggerak Utama ATT IV

1. Sebuah motor diesel 2 Tak Kerja Tunggal 6 Silinder  Pemakaian Bahan Bakar Spesifiki =244,8 gram tiap EKW/jam, pemakaian BBM= 18 Ton/hari. Perbandingan langkah torak terhadap diameter silinder = 1,75 putaran poros = 1,9 RPS, tekanan rata rata efektif = 7,3 bar dan nilai pembakaran bahan bakar 41,87 mj/kg.
Ditanyakan.
A. Daya Indikator dan daya efektif
B. Diamter silinder dan langkah torak
C. Rendemen thermis, rendemen mekanis dan rendemen total
D. Lama pelayaran, bila saat tiba di pelabuhan tujuan sisa BBM = 10 ton sedang saat berangkat =136 ton

Jawaban.
Penyelesaian No.1
Motor diesel 2 Tak

A.)   B = 18 Ton/hari = 18000/24 = 750 kg/jam. Jadi 750/3600 = 0,208 kg/detik
      Bi = 224,4 gram/Ipk-jam = 0,2244/3600 = 0,0000623 kg/Ikw detik
      Be = 244,8 gram/Epk-jam = 0,2448/3600 = 0,000068 kg/Ekw detik
No=Np 41,87 mj/kg = 41870 kj/kg

B = bi.pi --> pi = B/bi = 0,208/0,0000624 = 3338,68 Ikw
B = be.pi --> pe = B/be = 0,208/0,000068 = 3058,82 Ekw

B.) L : D =1,75 : 1 --> L= 1,75 D
      Pi= 0,785.D2.L.N.Pi.Z.100
3338,68 = 0,785.D2.1,75D3.1,9.7,3.6.100
3338,68 = 11432,34 D3
D3 = 3338,68/11432,34 = 0,29
D = 3/0,29 = 0,66 m
Jadi, L = 1,75D = 1,75.0,66 = 1,158m

C.) RendemenTh = 1/bi.Np x 100% = 1/0,0000628.41870 x 100% = 35%

RendemenMek = Pe/Pi x 100% = 3333,33/3338,68 x 100% = 99,8%

Jadi, RendemenTotal = RendemenTh x RendemenMek x 100%
= 0,35 x 0,998 x 100% = 34,9%

D.) B = 18 ton/hari = 18ton/24 = 0,74 Ton/jam
Lamanya Pelayaran = 136 Ton - 10 ton = 126Ton/0,74 = 168/24 = 7 hari
Atau = 126 Ton/18 = 7 hari

2.) Sebuah turbin de-laval bekerja sebaik-baiknya, diameter roda jalan diukur tengah-tengah sudu = 1200 mm, putaran rotor turbin = 58,33 RPS, sudut sudu jalan sisi masuk = 16 ø, bentuk sudu adalah symetris.
Ditanyakan.
A. Jatuh Kalor Theoritis yang tersedia
B. Segitiga kecepetan dan besarnya kecepetan masing-masing
C. Panas hilang yang meninggalkan turbin
D. Rendemen aliran maximum

Jawaban.
A.) Coså = 38 = 0,78 --> 16Ø
D = 1200mm = 1,2m
U = #.D.n
    = 3,14.1,2.58,33 = 219,78 m/s
U = 1/2.C1.Coså
219,78 = 1/2.C1.Cos38
219,78 = 1/2.C1.0,78
219,78 = 0,39.C1 --> C1= 219,78/0,39 = 563,53 m/s
C1 = 44,7/H0
563,53 = 44,7/H0 --> /H0 = 563,53/44,7 = 12,6
Jadi, H0 = 12,6" = 158,8 Kj/kg

B.) Skala gambar 100m/s = 1cm
U = 219,78/100 x 1cm = 2,1978cm
C1 = 563,53/100 x 1cm = 5,6353cm

C.) Qhilang = (100%-RendemenMax) x H0
                     = (100%-60,8%) x 158,8
                     = 39,2 %.158,8 = 62,24 kj/kg

D.) RendemenMax = Coså" x 100%
                                  = Cos33Ø" x 100%
                                  = 0,78" x 100% = 60,8%

3. Jelaskan pengertian dari :
A. Uap Basah
B. Uap jenuh
C. Uap panas Lanjut
D. Rendemen ketel
E. Kelipatan penguapan

Jawaban.
A.) Uap basah adalah dimana uap masih mengandung air atau mengandung kadar air ( kadar uap <100% ).

B.) Uap jenuh adalah uap dimana tidak membentuk uap baru lagi walaupun dipanasi terus-menerus kadar uap 100%.

C.) Uap panas lanjut adalah uap jenuh diberikan pemanas lebih sehingga betul-betul uap dalam keadaan kering san mempunyai entalphi yang jauh lebih tinggi dibanding dengan uap jenuh pada tekanan yang sama.

D.) Rendemen ketel adalah Perbandingan antara panas pembentukan uap dengan banyak nya panas yang tersedia didalam bahan bakar.

E.) Kelipatan penguapan adalah perbandingan antara produksi uap tiap kg/jam dengan banyak pemakaian bahan bakar tiap kg/jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar